An Amazing 3 Years

Kali ini saya ga akan so so puitis he.

Hey tjoy! Siapa yang tahun ini mulai kuliah? Hivi!

Saya ga nyangka loh saya bakal pending kuliah 3 tahun setelah lulus SMK. Saya juga ga nyangka 3 tahun itu adalah proses belajar yang menyenangkan, menyenangkan sekali! Saya menjadi “liar” di 3 tahun itu. Bisa dibilang 3 tahun itu yang terbaik sampai saat ini. Merasakan jatuh bangun yang kalau diputar ulang lewat layar tancap imajinasi otak itu seru abis. Saya bertemu orang-orang yang bermacam-macaaaam (a nya banyak). Juga bertemu dengan kondisi yang kalau dipikir-pikir “loh kok bisa ya saya ngalamin itu”.

Saya belajar banyak pada 3 tahun itu. Kalau flashback, begitu frustasinya saya waktu lulus SMK, begitu sedihnya tiba-tiba kehilangan teman yang pada sibuk bimbel untuk menghadapi SBMPTN sedangkan saya di rumah belajar sebisanya, tapi jadi gila sendiri (ya iya lah ga ada soal yang bisa dijawab, mau nanya nanya ke siapa ga ada temen di dunia nyata, tatap-tatapan aja sama buku. Macem nyuruh tu soal jatuh cinta sama saya heu. Saat itu, pilihannya kalo ga gila ya ngantuk. Ebuset ini kalimat dalem kurung panjang amat) dan harus kerja karena saya sebel harus kerja kantoran  gitu, bikin kaya orang yang udah kaya heu. Setelah kerja, udah ga belajar buat masuk Univ negeri tapi jadi gila di kantor karena kerjaanya bikin gila jasmani dan rohani (ah ini panjang kalau diceritain). Disini saya pikir saya harus punya temen lain yang pandangannya berbeda-beda, punya pola pikir yang beda, ga melulu pemikiran tentang “kantor dan bertahan hidup”. Jadi gabung lah sama salah satu komunitas di Bandung, dan Alhamdulillah isinya orang-orang yang kuliah semua (kecuali saya hahaha). Pertama kali gabung sama mereka, saya diem. Kenapa? Pertama karena terpukau. Kedua karena ga ngerti! HAHAHA gilak mereka ngomong apaan. Percaya ga percaya, saat itu saya sering searching melalui google untuk nyari arti kata yang mereka omongin! Wkwk. Lama-lama saya sedikit makin bisa membaur sama mereka lah Alhamdulillah. Saya ngerasa yang saya lakuin ini adalah lumayan pengganti kuliah yang belum bisa terwujud. Saya bertemu mahasiswa-mahasiswa dari berbagai jurusan dan univeristas, juga bertemu dengan pandangan, karakter, ide, dll yang berbeda-beda. Tapi kata siapa ga butuh perjuangan? Untuk kumpul sama mereka saya mesti menempuh perjalanan jauh, pulang malam, izin ke atasan di kantor (tapi ga diizinin malah diceramahin hahaha), dan dimarahi orangtua. Niat exploring bisa jadi ga selalu didukung oleh semesta. Ya ngga ya ngga? Tapi tetep aja saya jalanin karena saya rasa saya butuh obrolan bergizi. Tapi disisi lain saya salah juga sih, saya jadi punya sedikit waktu untuk di rumah, kemudian saya merenung lagi, menulis lagi. Dan…. iya juga sih. Saya akan ilustrasikan dibawah ini

ilustrasi

Kenapa kamu tidak memulai dari pijakan pertama? Hati-hati jika ingin langsung ambil pijakan kedua. Mungkin pada pandanganmu akan lebih cepat sampai, tapi resiko jatuh lebih besar. (Horee belajar lagi alhamdulillah)

Singkat cerita, (singkatin aja lah ya) abis itu merantau lah ke salah satu daerah istimewa di Indonesia, enak sih ga mikir duniawi disini tapi tetep aja namanya hidup ga akan lurus-lurus aja. Bener deh! Singkat cerita lagi, saya harus kuliah untuk kemajuan si “bayi” yang ada di provinsi istimewa itu. Mamah sekolah dulu ya nak! Hehe.

And Finallyyyy di tahun 2016 ini SAYA KULIAH! WOW! AMAZING! MASHA ALLAH! (ehe lebay) waktu masuk kuliah, ketemu temen2 baru lagiii ya walaupun dipanggil teteh melulu (rahasia umur sudah bocor he) tapi saya prihatin juga sama mayoritas mahasiswa baru yang justru senang ketika dosen behalangan hadir atau menghabiskan waktu dengan selfie.  Ayo bangkit wahai abege nanggung! Kita ini bagian dari dunia. Kita ini bagian dari semesta!

But surely se surely surelynya, saya jadi sadar 3 tahun ini adalah waktu menyelam yang menyenangkan dan padat makna. Terimakasih Tuhan.

Percayalah, belajar itu ga melulu di dalam ruangan, ga melulu satu arah, ga melulu menunggu guru (ceilah). Dimanapun kamu berada, disitulah tempat belajar. Tempat bukan masalah, yang membedakan adalah siapa yang hatinya dapat mendeteksi, merasakan, menyadari, dan mempelajari adanya sebuah pelajaran.

Jatinenjer, 7 September, 10.39 PM.

Tinggalkan komentar